Selasa, 17 Mei 2016

Kopi Hijau Hadir di Kedai Kopi Refresho

 Kedai Kopi atau warung kopi saat ini banyak bertebaran di sekitar kita. Kedai Kopi tersebut menyediakan berbagai macam kopi dengan berbagai kombinasi rasa. Ada capuchino, moccachino, ginger coffee, kopi susu dan yang pasti ada yaitu kopi tubruk alias black coffee.

Di malam yang cerah ini, dari pada bengong di rumah. Aku pingin mencoba sebuah kedai kopi yang unik dan lain dari pada yang lain, yaitu refresho kedai kopi. Kebetulan, kedai kopi atau warung kopi refresho ini milik seorang teman Delta Blogger. Menu unik dari refresho kedai kopi ini antara lain michochino coffee, chochochino, javachino coffee, cotichino coffe, kopi rasa buah, kopi kacang ijo dan green coffe atau kopi hijau.

Michochino coffee adalah campuran kopi, susu dan cream di atasnya. Chochochino, adalah campuran coklat dengan cream di atasnya. Javachino coffee, adalah java coffe atau kopi jawa yang khas dengan tampilan yang unik. Cotichino coffe, adalah campuran kopi, coklat, dan cream. Kopi rasa buah, adalah kopi dengan aneka macam rasa buah-buahan yang beraneka ragam. Kopi kacang ijo, adalah kopi dengan campuran kacang hijau yang nikmat.

Kopi hijau adalah ciri khas dari Refresho Kedai Kopi. Dinamakan kopi hijau karena kopi ini secara alami berwarna hijau tua. Di tambah rasa yang khas, kopi ini selalu jadi favorit di Refresho Kedai Kopi.
Kedai kopi atau warung kopi refresho yang terletak di desa Gebang Sidoarjo ini berawal pengalaman peracikan kopi yang otodidak. Pengalaman sambil melihat pasar per-kopi-an di sekitarnya menyebabkan muncul ide-ide untuk membuat kombinasi kopi yang unik.

Malam yang cerah ini. Sambil lesehan dan nonton proyektor 60 inchi, aku berbincang-bincang menanyakan asal-usul kedai kopi ini. Dan yang menarik lagi adalah pemanfaatan limbah kopi menjadi kerajinan khas Sidoarjo. Gelas, asbak, wallpaper, furniture, lampu hias semua berlukiskan limbah kopi. Semua itu dikemas oleh refresho dengan nama cethe merchandise.

Cethe atau nyethe merupakan kegiatan mengoleskan endapan bubuk kopi yang sudah diseduh ke batang rokok dan dibuat seindah mungkin seperti batik. Sebagian meyakini rokok yang sudah diolesi cethe lebih nikmat. Tak heran jika setiap warung yang menyediakan rokok cethe selalu dipenuhi pengunjung.
Dengan latar belakang mengubah budaya ‘nyethe’ menjadi kegiatan yang lebih produktif, Cethe Merchandise menjadi salah satu produk yang sangat unik. Mengusung tema ‘go refresh indonesia’, CV Refresh Indonesia membuat gallery khusus cethe merchandise yang bisa di nikmati beserta secangkir kopi di Refresho Kedai Kopi Sidoarjo.

Pada awalnya Cethe Merchandise cuma membuat satu produk yaitu cethe merhandise dengan media kertas, daun dan berbagai benda yang sudah jadi. Tetapi dalam perkembangannya, tim mempunyai ide lain yaitu cethe yang di kemas untuk hiasan dinding atau yang di sebut cethe wallpaper dan  cethe furniture yang di gunakan untuk menghiasi funiture yang berasal dari semua bahan seperti kayu, rotan, plastik dan lain-lain.

Cethe merupakan kerajinan asli khas daerah Jawa Timur yang berasal dari Tulungagung.  Meski tidak di kembangkan di daerah sana, tapi pembuat cethe merchendise ini tetap memasang label Tulungagung.  Ini merupakan salah satu budaya dengan pengembangan konsep ‘nyethe’ yang berasal dari kota Tulungagung-Jawa Timur.

Demikian sedikit gambaran dari refresho kedai kopi yang nantinya menjadi sekretariat Delta Blogger yang beralamat di JL. Gebang Raya AA 40 Sidoarjo Jawa Timur Indonesia.


3 komentar: