Kamis, 19 Mei 2016

Kue Lumpur ala Sidoarjo

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berbicara tentang kota Sidoarjo, pasti banyak yang bilang itu kota Lumpur karena sebagian wilayah ditutupi dengan lumpur panas sejak tgl 29 mei 2006 sampai sekarang. jarak antara kota Sidoarjo kurang lebih enam kilometer sama lumpur PT. Lapindo Brantas inc. Di kota Sidoarjo juga terdapat lumpur tapi lumpur disini berbeda dengan lumpur yang ada di wilayah PT. Lapindo, lumpur yang ada di Kota Sidoarjo adalah “kue lumpur” yang  rasanya nikmat dan lezat. banyak sekali warga dari Sidoarjo yang menikmati lezatnya kue lumpur.

kue lumpur
Kue lumpur ini terletak di pertigaan jalan Hangtuah, Sidoarjo kalo dari alun-alun jaraknya kurang lebih sekitar 500 meteran. Lilik adalah wanita paruh baya yang mempunyai usaha membuat kue lumpur dan dibantu dengan empat pegawainya. 
Di rumah yang sangat sederhana bercat hijau di pintu masuknya sebaris kompor arang berjajar, Lilik bertugas menyiapkan ember yang berisi adonan kue lumpur, dua orang memasukkan adonan ke dalam cetakan kue yang sebelumnya sudah di olesi mertega dan lainnya meletakkan tungku besi yang berisi arang ke atas adonan kue.

Kue Lumpur Lilik berbeda dengan kue lumpur yang ada di pasaran, kue lumpur yang ada di pasaran biasanya bertekstur padat, kalau kue lumpur buatan Lilik lebih kenyal karena bahan dasarnya lebih banyak menggunakan adonan telur dibandingkan campuran tepung. Dan tak hanya itu saja, kue lumpur Lilik memiliki rasa yang sangat manis dan ditaburi kismis di atasnya. Dan tak hanya itu saja Lilik juga berkreasi mengembangkan resepnya yaitu dengan menggunakan daging sapi dan irisan kelapa muda.

untuk masalah harga tidak usah kuatir kue lumpur buatan Lilik benar benar mumer (murah meriah) dan masalah rasa nya dijamin enak. banyak pendatang dari kota lain seperti Surabaya, Malang, Gresik, Tuban bahkan ada yang dari jawa tengah yang sedang berkunjung ke Sidoarjo untuk membeli kue lumpur buatan Lilik.

3 komentar: